BOB Sinkronisasikan Destinasi 38 Kabupaten Jateng-Yogyakarta

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Otorita Borobudur (BOB) terus melakukan sinkronisasi destinasi wisata yang ada di 38 kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Aksesibilitas menjadi kendala dalam mengembangkan sejumlah destinasi potensial yang ada dalam kawasan koordinatif BOB itu.

Pemerintah menetapkan kawasan koordinatif yang merupakan kabupaten/kota di wilayah Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Borobudur – Yogyakarta, DPN Solo – Sangiran, dan DPN Semarang – Karimunjawa. Kawasan DPN tidak hanya kabupaten tempat destinasi utama berada, namun mencakup wilayah dalam radius hingga seratus kilometer dari pusat destinasi itu.

Direktur Utama BOB Indah Juanita mengatakan, kordinasi selalu dilakukan dengan dinas pariwisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Tugas utama kami adalah mensinkronkan pembangunan pariwisata di kawasan otoritatif, dengan tujuan utama meningkatkan aksesibilitas, atraksi, dan amenitas,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (11/12).

Ketika hasil koordinasi mendapati ada sejumlah destinasi yang terkendala akses, BOB akan terjun mengawal upaya peningkatan aksesibilitas. BOB akan berkoordinasi dengan dewan pengarah di bawah Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi untuk merumuskan solusi atas persoalan yang dihadapi.

BERITA REKOMENDASI