Desa Wisata Borobudur Dikembangkan, SDM Desa Ditingkatkan

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Peningkatan kapasitas untuk program pendampingan sumber daya manusia (SDM) khusus untuk Desa Wisata dilaksanakan di Borobudur Magelang, Selasa (15/2/2022). Fokus dari kegiatan ini adalah dukungan terhadap SDM di tingkat desa, bagaimana melakukan pengelolaan dan manajemen dari kegiatan kepariwisataan di Desa Wisata Borobudur.

Demikian dikemukakan CEO Exovillage, yang menjadi pelaksana program tersebut, Anjar Budiani kepada wartawan di lokasi kegiatan. “Borobudur ini sebenarnya menjadi salah satu barometer nasional terkait dengan kegiatan kepariwisataan. Di desa lain isu yang diangkat berbeda. Sebenarnya basis pendampingan berdasarkan pada basic needs desa masing-masing,” papar Anjar.

Dikatakan, target dari kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas. “Skill dari teman-teman di tingkat desa dalam melakukan tata kelola lebih akseleratif, lebih bagus lagi,” imbuhnya.

Desa Wisata Borobudur tidak hanya mempunyai alam yang indah, tetapi juga kearifan budaya adiluhung dan menarik. Berbagai fasilitas wisata di desa wisata ini juga relatif memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti homestay, transportasi wisata, pusat kuliner, pusat oleh–oleh dan beberapa atraksi lain seperti kampung gula jawa, wisata edukasi peternakan kambing etawa, seni budaya dan sebagainya.

Saat ini, Desa Wisata Borobudur dan Exovillage akan mengembangkan berbagai destinasi baru dengan menempatkan kearifan lokal masyarakat sebagai basis pengembangan. Untuk mendukung upaya tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan support untuk meningkatkan kapasitas SDM pariwisata  berkolaborasi dengan ExoVillage dan pendamping lokal di kawasan.

BERITA REKOMENDASI