Borobudur Highland Direncanakan Beroperasi Akhir 2023

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kawasan wisata Borobudur Highland direncanakan mulai beroperasi pada akhir tahun 2023. Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) terus mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang rencana itu.

Kawasan Borobudur Highland di Perbukitan Menoreh mencakup areal seluas 309 hektare. Topografi kawasan tu berupa pegunungan dengan vegetasi hutan pinus milik Perhutani.
Borobudur Highland merupakan kawasan hutan yang terletak di Kabupaten Purworejo.

“Kami punya kawasan otortatif 309 hektare, lokasinya seluruhnya di Purworejo, tepatnya di Kecamatan Bener dan Loano,” ujar Direktur BPOB Indah Juanita, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com Sabtu (14/5).

Menurutnya, saat ini BPOB sedang menjalani proses legalisasi pertanahan. Sejalan dengan itu, BPOB juga sudah memiliki masterplan pengembangan kawasan otoritatif.
Menurutnya, konsep dalam masterplan tinggal dieksekusi menjadi kegiatan lapangan. “Target selesai legalisasi tahun ini, setelah itu baru bisa membangun infrastruktur dasarnya, tapi untuk dokumen perencanaan sudah siap semua,” ungkapnya.

Selain itu, BPOB juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Kerja sama dengan fokus pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif itu dituangkan dalam MoU yang ditandatangani Bupati Purworejo dan Direktur BPOB, di Ruang Bagelen, Kantor Bupati Purworejo, Kamis (12/5).

Dikatakan, salah satu fokus dalam kerja sama tersebut adalah pengembangan ekowisata di wilayah Kecamatan Bener dan Loano. “Ini merupakan kegiatan BPOB untuk bisa bekerja sama dengan kabupaten sekitar, mengingat kami tidak mungkin sendirian dalam membangun sebuah kawasan pariwisata,” tuturnya.

Kabupaten Purworejo, katanya, termasuk dalam kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Yogyakarta Borobudur. “Salah satu pekerjaan dalam  MoU itu adalah sinkronisasi pengembanan pembangunan kepariwisataan dan ekonomi kreatif, kita bersama-sama bergerak membangun itu. Purworejo punya banyak sekali potensi wisata, mulai kuliner, alam, budaya atau kerajinan,” tegasnya.

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM mengemukakan, pemkab memberi apresiasi yang tinggi atas adanya kerja sama tersebut. Bupati meyakini, pembangunan kawasan Borobudur Highland akan memberi manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kita juga berharap  tidak berhenti di Loano saja, pengembangan BOB akan merambah seluruh wilayah Purworejo,” ujarnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI