Borobudur Simulasikan Penerapan Standar Pre Operasional ‘New Normal’

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara langsung menghadiri simulasi pre operasional penerapan standar ‘New Normal’ di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Rabu (10/6/2020). Simulasi ini merupakan bagian dari menyiapkan Candi Borobudur dibuka untuk umum saat.

Ganjar mengatakan pihaknya sudah banyak menerima keluhan dari beberapa pihak, mau wisata sendiri mengeluh karena sudah kelamaan di rumah, ternyata menyaksikan tayangan video di rumah tidak cukup. Karena itu langkah-langkah yang disiapkan TWC ini diharapkan, nantinya pariwisata, khususnya yang di Candi Borobudur, benar-benar siap. “Mohon maaf kalau nanti kita belum bisa membuka dalam kapasitas besar,” kata Gubernur Jateng.

Ia menambahkan simulasi ini diharapkan juga dapat dilakukan di lokasi lain. Candi Borobudur termasuk obyek wisata yang menjadi andalan Jawa Tengah sehingga dibukanya tempat ini akan dinantikan wisatawan.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan penerapan standar ‘New Normal’ pariwisata yang dilakukan di destinasi TWC untuk seluruh wisatawan. Mereka yang dating di obyek wisata ini harus mengikuti protokol kesehatan.

Nantinya Setelah melakukan simulasi penerapan standar ‘New Normal’ tersebut, akan dilakukan evaluasi dan hasilnya akan dilaporkan, baik ke Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata serta ke pemerintah daerah terkait. Hal ini untuk memastikan bahwa destinasi sudah siap dalam menerima wisatawan di masa pandemi ini.

“TWC sebagai pengelola destinasi Super Prioritas harus menjadi role model penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi destinasi-destinasi lain di Indonesia.” kata Edy Setijono. (Tha)

BERITA REKOMENDASI