Botol Bekas Disulap Jadi Pohon Natal

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Berbagai cara unik dilakukan umat Nasrani untuk menyemarakkan Natal. Seperti dilakukan umat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purworejo yang menyulap botol bekas menjadi pohon Natal.

Ide membuat pohon Natal dari botol bekas merupakan kesepakatan seluruh panitia peringatan di gereja cagar budaya yang dibangun tahun 1900-an itu. "Kami cari referensi dan menemukan ide menarik, membuat Pohon Natal dari botol bekas," ungkap koordinator dekorasi GKJ Purworejo, Haryani Dwi Irawati, kepada KRJOGJA.com, Selasa (25/12/2018).

Untuk mewujudkan ide tersebut botol bekas mulai dikumpulkan dan sebagian besar merupakan sumbangan jemaat gereja. Mereka menggunakan botol bekas pakai yang selama ini hanya dibuang sebagai sampah.

Haryani dibantu sekitar sepuluh anggota panita mulai membuat ornamen daun dengan menggunting bagian dasar botol hingga runcing. Botol runcing itu disusun hingga membentuk miniatur pohon cemara.

Sementara sisa guntingan botol juga tidak dibuang, namun dimanfaatkan untuk ornamen pohon. Pohon tersebut menghabiskan 1.530 botol bekas. "Kami tidak membuang sisa guntingan, semua dijadikan ornamen pohon Natal. Botol kami warnai dengan cat semprot warna hijau," tuturnya.

Pohon Natal selesai dalam dua minggu. Setelah jadi, pohon ditempatkan di halaman gereja dan menjadi perhatian jemaat.

Selain itu, pohon Natal yang ada di altar utama juga dibuat berbeda. Haryani memanfaatkan kulit kayu yang ditata sedemikian rupa dan ditempatkan di dekat kandang domba. "Semua terlihat semakin menarik dengan permainan lampu," ucapnya.

Ketua Panitia Perayaan Natal GKJ Purworejo 2018, Gunardi mengemukkan, panitia berusaha memberi tampilan berbeda dalam perayaan Natal setiap tahun. "Kami puas dengan hiasan yang disajikan dalam Natal kali ini, sangat menarik," tandasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI