BPBD Distribusikan CSR Air Bersih Untuk Sembilan Desa

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo mulai mendistribusikan bantuan air bersih untuk sembilan desa di Kecamatan Bagelen, Purwodadi, dan Pituruh. Bantuan tersebut bersumber dari Coorporate Social Responsibility (CSR) dari karyawan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purworejo dan donasi Baznas Kabupaten Purworejo.

Bantuan disalurkan untuk warga di Desa Semagung, Semono, Soko, Sokoagung, Somorejo, Tlogokotes, dan Hargorojo di Kecamatan Bagelen, serta Desa Gesing Purwodadi dan Brengkol Pituruh. “Untuk sementara ini, baru sembilan desa itu yang mengajukan permintaan air bersih kepada BPBD,” ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo Iman Tjiptadi, kepada KRJOGJA.com, Rabu (3/9).

Menurutnya, desa-desa tersebut merupakan bagian dari 68 desa terdampak kekeringan yang dimiliki BPBD Purworejo. Ribuan warga di puluhan desa itu selalu mengalami kesulitan air bersih setiap terjadi musim kemarau.

Sebagian besar desa terdampak berada di kawasan Perbukitan Menoreh. “Kawasan itu tanahnya berbatu, sumber air mudah hilang saat kemarau panjang. Pemerintah desa di sana sudah tanggap dan mengusulkan bantuan jika warganya kesulitan air,” katanya.

Bantuan disalurkan pada bak penampungan Pamsimas atau kolam plastik terpal yang dibuat warga. Warga terdampak kemudian menyedot dengan selang plastik atau mengambilnya secara manual gunakan ember dan jeriken.

BERITA REKOMENDASI