BPBD Gelar Pelatihan Psikososial Pasca Bencana

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menggelar pelatihan psikososial pasca bencana. Mengingat dari berbagai peristiwa bencana alam yang terjadi selama ini, seringkali penanganan korban secara psikologis sering terlewatkan.

“Padahal ini penting karena menyangkut masa depan korban secara mental,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Purworejo Drs Boedi Hardjono, Rabu (26/7).

Dalam pelatihan yang digelar selama dua hari di Hotel Ganesha Purworejo ini melibatkan para relawan dari lembaga penggiat kebencanaan, PMI dan inklusif disabilitas yang sudah ikut aktif dalam penanganan bencana di Purworejo. Turut serta dari beberapa unsur aparat BPBD, organiasi perangkat daerah (OPD) dan lainnya.

Masing-masing unsur diharap akan mempunyai tenaga yang memiliki kompetensi dalam hal recovery pasca bencana, khusunya layanan dukungan psikososial. Kegiatan ini juga melibatkan tenaga psikososial dari Yakkum Emergency Unit (YEU) yang memiliki Pokja kebencanaan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI