BPBD Magelang Mulai Droping Air Bersih

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJogja.com – BPBD Kabupaten Magelang mulai melakukan droping air bersih, dan ini merupakan droping air perdana di tahun 2021 ini, Kamis (5/8/2021). Droping air bersih perdana dilakukan di beberapa dusun di wilayah Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Beberapa warga mengatakan di wilayahnya sudah sejak beberapa hari lalu kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Mata air di wilayahnya sudah mengering airnya, beberapa sumur pun sudah menyusut debit airnya. Kalau toh masih ada, airnya sudah tidak jernih lagi dan cenderung berwarna kecoklat-coklatan. Untuk mencuci dan mandi, ada juga warga yang melakukan di aliran sungai kecil, dan mereka harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari rumahnya untuk dapat sampai di aliran sungai tersebut.

Bahkan ada juga warga yang mendapatkan air bersih dari wilayah kawasan kaki Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Srumbung Magelang. Dengan kendaraan, ia bawa beberapa jerigen plastik yang bervariasi ukurannya. Saat berada di wilayah Srumbung Magelang, jerigen yang dibawanya diisi air bersih untuk dibawa ke dusunnya di wilayah Desa Kembanglimus Borobudur. “Karena itu kami sangat senang saat datang droping air bersih ini,” kata salah satu warga Siti Widayah.

Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang Edi Warsono kepada KRJogja.com di Kantor BPBD Kabupaten Magelang mengatakan Kamis kemarin merupakan hari pertama dilakukan droping air bersih di musim kemarau tahun 2021 ini, yaitu di wilayah Desa Kembanglimus dan Desa Kenalan, keduanya berada di wilayah Kecamatan Borobudur Magelang. Desa Kenalan berada di kawasan puncak Bukit Menoreh yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kulon Progo.

BERITA REKOMENDASI