BPBD Manfaatkan Teknologi Drone untuk Pantau Bencana

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo memanfaatkan pesawat tanpa awak atau teknologi drone untuk memantau kondisi wilayah. Terutama yang berkait dengan kejadian bencana alam.

“Teknologi ini sangat membantu untuk pemantauan situasi. Terlebih wilayah Purworejo yang rawan bencana cukup luas,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Purworejo Drs Boedi Hardjono, Sabtu (17/12).

Teknologi ini lanjut Boedi Hardjono, bisa mengetahui secara efektif dampak dan luasan bencana, terutama banjir yang terjadi di daerah dataran rendah, sehingga sangat membantu dalam melakukan langkah penanganan.

“Beberapa wilayah di Purworejo setiap musim penghujan sering menjadi kawasan banjir dan genangan, bisa surut dalam tempo cukup lama. Dalam kondisi seperti ini, kendaraan mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi,” jelasnya.

Teknologi drone ini kata Boedi Hardjono, memiliki jangkauan hingga ketinggian 300 meter, sehingga mampu melakukan pemantauan di area bencana, khususnya banjir. Dengan teknologi ini sangat membantu untuk mendapatkan gambar luasan lahan yang terkena bencana,” katanya seraya menambahkan, teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjangkau lokasi yang medannya sulit seperti bencana tanah longsor. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI