BPBD Purworejo Ingatkan Kewaspadaan Bencana via Medsos

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo memanfaatkan media sosial (medsos) untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi bencana di sekitar. Penyampaian informasi secara cepat menjadi keharusan untuk mengikuti perubahan cuaca yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Purworejo Edi Purwanto mengatakan, informasi perubahan cuaca wajib diketahui masyarakat luas. “Tujuannya masyarakat menjadi waspada dengan potensi bencana yang mengancam akibat terjadinya hujan ekstrim,” katanya kepada KRJOGJA.com, Jumat (19/12).

Menurutnya, cuaca beberapa minggu terakhir sangat sering berubah. Perubahan itu diketahui dari rilis yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BPBD meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat lewat grup medsos yang berisi tokoh masyarakat, muspika dan pemerintah desa. Medsos, katanya, digunakan karena informasi dapat menyebar secara luas dan cepat. “Sebab informasi itu harus cepat disampaikan, karena rilis dari BMKG juga begitu cepat sekali diperbarui. Dalam sehari, update dilakukan dua kali sehari, berbeda dengan dahulu, paling sehari sekali,” tuturnya.

Masyarakat, lanjutnya, harus waspada dengan fenomena la nina yang terjadi di Indonesia. Fenomena itu mengakibatkan hujan lebat dan kerap disertai angin kencang dan petir. “Hujan ekstrim ini sering berlangsung lama dan berpotensi menyebabkan banjir, longsor, dan angin ribut. Hujan ekstrim itu menjadi penyebab beberapa bencana di Purworejo,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI