BPBD Siapkan Bantuan Air Bersih Saat Lebaran

PURWOREJO,KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo mempersiapkan sumberdaya untuk menghadapi potensi bencana kekeringan pada musim kemarau 2017. BPBD siap menyalurkan bantuan air bersih untuk desa dilanda kekeringan saat lebaran.

Kurang lebih 25.565 jiwa warga di 49 desa diperkirakan akan terdampak kekeringan. "Purorejo mulai kemarau, namun sampai sekarang belum ada desa yang minta bantuan. Sementara pasokan air di desa masih cukup," kata Sigit Ahmad Basuki, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, mewakili Kapala Pelaksana BPBD Drs Boedi Hardjono, kepada KRJOGJA.com, Jumat (2/6/2017).

Kebutuhan air bersih diperkirakan melonjak saat lebaran mengingat banyaknya pemudik yang pulang kampung. Kemarau, katanya, diperkirakan sudah berdampak pada berkurangnya debit sumber air di sejumlah desa langganan kekeringan.

Untuk mencukupi kebutuhan itu, BPBD menyiapkan 1.350 tangki air bersih senilai Rp 270 juta. Air bersih akan didistribusikan dengan tujuh mobil tangki milik BPBD, PDAM, PMI dan Bakorwil Kedu.

Menurutnya, alokasi bantuan tersebut diperkirakan cukup untuk lima bulan penyaluran. Meski demikian, Sigit memperkirakan tidak semua desa akan mengajukan bantuan, sebab ada beberapa yang sudah dapat bantuan sarana pamsimas. "Selain itu biasanya ada instansi tertentu yang ikut andil menyalurkan bantuan, tentu sangat membantu kami," tuturnya.(Jas)
   

BERITA REKOMENDASI