BPBD Temanggung Stop Pasokan Air Bersih

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung resmi hentikan distribusi air bersih per 1 Desember 2018. Hasil evaluasi sejumlah daerah yang sebelumnya mengalami kekeringan telah tercukupi kebutuhan air bersih.

"Daerah yang sebelumnya mengalami kekeringan, kini sudah tercukupi air bersih. Hujan telah merata, debit air di mata air sudah normal," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Senin (3/12). 

Dia mengatakan distribusi air bersih di sejumlah daerah mulai dilakukan BPBD Temanggung Juni 2018. Distribusi terakhir pada Jumat akhir bulan lalu untuk Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran, Desa Tanggulanom Kecamatan Selopampang, Desa Wonotirto Kecamatan Bulu, dan Desa Gedekan Kecamatan Tlogomulyo.

Namun, katanya, meski sudah resmi dihentikan, BPBD tetap masih melayani distribusi air bersih selagi ada permintaan.  

Dia mengemukakan pada musim kemarau 2018, BPBD mendistribusikan air bersih pada 82 dusun di 30 desa yang tersebar di 12 kecamatan, antara lain Kaloran, Kandangan, Tlogomulyo, Gemawang, Kranggan, Pringsurat, Selopampang, Bulu dan Candiroto. Mobil tangki yang digunakan antara lain milik BPBD, Dinas Sosial, PDAM, DPU, dan PMI. (Osy)

BERITA REKOMENDASI