Bruno Fun Race Diikuti Pesepeda Mancanegara

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sejumlah pesepeda asal Eropa mengikuti even Bruno Fun Race yang diselenggarakan Purworejo Cycling Family (PCF) di Purworejo, Minggu (29/9). Mereka bersama ratusan pebalap sepeda berbagai kota di Indonesia berkompetisi menempuh jalur sejauh 110 kilometer dengan dua 'spesial stage'.

Pesepeda asing itu berasal dari Italia dan Jerman. Mereka tergabung dalam Grand Fondo New York (GNFY), semacam organisasi sepeda sport lintas negara profesional.

Bendahara PCF Woro Ken Tawangsih mengatakan, dua pebalap GNFY yang ikut adalah Axel Moeller yang perupakan Presiden GFNY Indonesia dan Fransesco Bruno. "Bruno Fun Race diikuti 150 pebalap, beberapa adalah warga asing. Kuota peserta 150 atlet dan terpenuhi," ujarnya kepada KRJOGJA.com, disela balap.

Even balap itu diawali dari halaman Pendopo Bupati Purworejo, dengan rute Banyuurip, Bayan, Kutoarjo, Wirun, Kemiri, Bruno, Kepil, Redin, Maron dan kembali finish di pendopo. Untuk 'spesial stage' untuk memperoleh gelar King of Montain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM) ada di Desa Cepedak, Kecamatan Bruno. Pebalap harus melintasi tanjakan jalan aspal yang curam dan panjang di desa itu.

Selain balap, PCF juga menyelenggarakan Fun Bike Romansa De Purworejo 2019. Sebanyak 1.500 pesepeda Purworejo ambil bagian dalam kegiatan yang menempuh jarak 20 kilometer itu. "Mereka start di pendopo, lalu ke Purwodadi, Banyuurip dan kembali ke pendopo. Fun bike konsepnya wisata, sehingga peserta dilewatkan Pasar Digital Inis di Brondongrejo Purwodadi dan Pasar Kreatif Monggo Mampir di Sumbersari Banyuurip," terang Ketua PCF Haryadi.

Sejumlah tokoh Purworejo ikut fun bike tersebut. Bahkan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, ibu bupati Fatimah Verena Prihastyari dan Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setyabudi, ikut menggowes bersama ribuan warga.

PCF, lanjutnya, juga mengkampanyekan safety riding

bersepeda kepada masyarakat. Panitia meminta peserta memakai helm, bersepatu, mengenakan sarung tangan dan kacamata untuk menjaga keselamatan selama even. Panitia juga mengasuransikan peserta Bruno Fun Race.

Presiden GFNY Indonesia Axel Moeller menuturkan, kedatangannya ke Purworejo adalah yang kedua kali. Sebelumnya ia pernah bersepeda sekaligus survey jalur bersama beberapa komunitas setempat. "Even ini menarik, atmosfirnya bagus dan banyak komunitas pesepeda yang terlibat, saya senang di sini," tuturnya.

Terpisah, Bupati Purworejo Agus Bastian mengemukakan, even sepeda adalah sarana untuk mengenalkan potensi wisata Kabupaten Purworejo kepada masyarakat luas. Bupati berharap even serupa digelar secara kontinyu, minimal dua kali setahun dan mengundang lebih banyak peserta luar negeri. "Pemkab sendiri juga punya konsep program gowes tiga negara, even internasional itu rencananya dilaksanakan tahun 2020," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI