BSN dan Pemda Yogyakarta Promosikan Produk Berstandar

SLEMAN, KRJOGJA.com – Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) ke-8 Tahun 2020 di Jogja City Mall (JCM). Pameran ini berlangsung Kamis (12/11) hingga Minggu (15/11) mendatang. Diharapkan melalui IQE kali ini dapat membangkitkan optimisme dan perekonomian Indonesia. Selain itu pameran ini menjadi upaya untuk mempromosikan produk yang tentunya berstandar.

Kepala BSN Kukuh S. Achmad mengatakan, tuntutan perlindungan bagi konsumen semakin menguat apalagi konsumen butuh jaminan keamanan, keselamatan, kesehatan dan tentunya kualitas. Oleh karena itu, diperlukan dorongan untuk menggerakkan hilirisasi atau komersialisasi hasil inovasi. “Dengan beberapa langkah ini, produk Indonesia memiliki value dan keunggulan kompetitif. Melalui inovasi, banyak produk unggulan yang dihasilkan. Dan pameran ini merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk yang tentunya berstandar,” terang Kukuh saat pembukaan IQE di JCM Kamis (12/11).

Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, pameran tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kukuh menambahkan, Yogyakarta dipilih menjadi tuan rumah karena komitmen Pemerintah DIY terhadap penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini ditandai dengan diterimanya penghargaan Tokoh Standardisasi 2019 Kategori Kepala Daerah kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Menurut Kukuh, khusus di Yogyakarta ini, BSN mencatat produk unggulan diantaranya kerajinan kayu, perak, dan tekstil. Terdapat contoh produk unggulan yang berasal dari produk inovasi yaitu produk KANABA (mesin cuci kapasitas besar) di Bantul, dan Insenirator (Pengolah Sampah) di Bandung.

BERITA REKOMENDASI