Bu Kadus Adukan Advokat LBH ke Polres Purworejo

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Seorang perempuan yang menjabat sebagai kepala pusun (kadus) di salah satu desa Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo berinisial Sp, mengadukan lima advokat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sakti ke Polres Purworejo, Kamis (8/7). LBH itu diadukan karena mengirimkan surat pelaporan yang diduga berisi fitnah kepada Bupati Purworejo dan jajarannya.

Penasehat hukum Sp, Sumakmun mengatakan, aduan itu dilakukan karena Sp merasa dirugikan. “Klien kami merasa dipermalukan, terpukul, tersinggung, kehormatan dan nama baiknya hancur atas adanya surat pelaporan dari LBH Sakti,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com di Polres Purworejo.

Aduan bermula dari adanya surat pelaporan dari LBH Sakti tertanggal 2 Juli 2001. Surat itu ditandatangani lima advokat LBH itu yang menjadi kuasa hukum perempuan berinisial Yun warga Kecamatan Ngombol.

Dalam surat itu ditulis bahwa Yun melaporkan terjadinya perzinahan dan perbuatan asusila antara Sp dengan suami Yun yang berinisial Ind.

Selain ditujukan kepada Bupati Purworejo, surat juga ditembuskan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Purworejo, Inspektorat Purworejo, dan Camat Banyuurip.

Surat pun ditindaklanjuti dengan datangnya beberapa ASN Dinpermades Purworejo untuk melakukan klarifikasi ke desa tempat Sp mengabdi. Menurutnya, yang menjadikan Sp tersinggung dan malu adalah adanya penghakiman dalam surat itu.

“Tidak ditulis adanya dugaan perzinaan, langsung memakai kata perzinaan dan asusila. Dalam surat juga dibeberkan kronologi kejadiannya, dan setelah dicek tidak sesuai fakta dan keterangan yang diberikan Sp,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI