Buah Tangan Dari Kebumen Tak Cuma Lanting

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Berbicara tentang jenis-jenis penganan kering khas Kebumen yang kini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari Kebumen, ternyata tak hanya lanting angka 8 saja. Banyak jenis
penganan kering bermuatan lokal Kebumen lainnya yang kini telah eksis sebagai buah tangan dari daerah ini.

"Bila saat ini buah tangan dari Kebumen masih diidentikkan dengan lanting angka 8, jelas sangat keliru. Kami sudah berusaha dalam satu tahun terakhir ini membina sejumlah perajin yang mampu berkreasi  menciptakan sejumlah produk makanan kering yang kental bermuatan  lokal Kebumen dan layak sebagai buah tangan. Tujuannya, agar ada
diversifikasi produk," ungkap Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Didik Praptiastuti SH, di ruang kerjanya, Kamis (15/06/2017).

Didik menjelaskan produk penganan kering hasil inovasi perajin Kebumen dan mendapat pembinaan Disperindag Kebumen, diantaranya sagon dari singkong dan kacang hijau, kue garpu singkong, rengginang singkong, keripik berbahan baku ikan laut maupun ikan air tawar dan nasi singkong instan.
 
"Aneka penganan ini menjadi alternatif buah tangan bagi para tamu  atau pemudik Lebaran yang datang ke Kebumen, selain lanting angka 8, jipang kacang, semprong gapit dan beberapa jenis penganan tradisional Kebumen," ujar Didik.

Salah satu perajin penganan binaan Disperindag Kebumen yang mengkhususkan diri memproduksi aneka penganan berbahan baku singkong  adalah Sigit Budi Santoso, warga Desa Kalibagor Kecamatan/Kabupaten  Kebumen. Sepanjang bulan Ramadhan 2017, Sigit kewalahan menerima pesanan dari pedagang maupun warga masyarakat lainnya untuk kebutuhan Lebaran 2017. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI