Budaya Cuci Tangan Hambat Penyebaran Coron

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sosialisasi penggunaan masker dilakukan Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso SH SIK MSi dan Komandan Kodim 0705 Magelang Letkol CZI Anto Indriyanto SSos di wilayah Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Kamis (09/04/2020). Dalam kesempatan ini juga dilakukan pembagian makan siang serta pemberian edukasi budaya mencuci tangan menggunakan sabun.

Sebelumnya, didampingi Camat Mungkid R Anta Marpuji, Kapolsek dan Komandan Koramil Mungkid juga dilakukan pembagian beras, nasi bungkus dan masker kepada beberapa warga di sekitar Mako Polres Magelang. Di Salaman, kegiatan tidak hanya dilakukan di tepi jalan raya Magelang-Salaman-Purworejo, tetapi juga di komplek terminal Salaman serta pasar burung Salaman.

Kapolres Magelang dan Komandan Kodim 0705/Magelang mendatangi warga yang ada di komplek terminal dan pasar burung Salaman untuk membagikan masker. Masker tidak hanya dibagikan, tetapi warga yang menerima juga dianjurkan untuk memakainya.

Proses pemakaian masker pun diedukasi, baik oleh Kapolres Magelang maupun staf Polres Magelang dan Komandan Kodim 0705/Magelang. Demikian juga edukasi proses mencuci tangan menggunakan sabun.

Sebuah galon air besar isi sekitar 250 liter diletakkan di bagian belakang kendaraan Sat Lantas Polres Magelang. Dari kran westafel yang ada di kendaraan ini warga secara bergantian melakukan proses mencuci tangan menggunakan sabun.

Kapolres Magelang diantaranya mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat tersosialisasi dengan masker. Sebenarnya paham tentang arti pentingnya masker, tetapi tidak memiliki masker.

“Kegiatan ini diharapkan merupakan bagian dari pelaksanaan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah Kabupaten Magelang serta dapat menekan dan menanggulangi perkembangan wabah Virus Korona,” kata Kapolres.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di sekitar 400 titik yang ada di seluruh wilayah kecamatan. Semuanya disiapkan, baik masker, makan maupun lainnya, termasuk alat untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Komandan Kodim 0705/Magelang menambahkan pihaknya juga memberikan penyuluhan secara aplikasi di lapangan, baik bagaimana memakai masker yang benar dan bagaimana cara mencuci tangan, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mengetahui bagaimana cara hidup sehat. Sengaja dilakukan di lokasi yang banyak warga agar mengetahui bagaimana aplikasinya serta mengikuti instruksi dari Polri dan TNI dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi Kabupaten Magelang untuk menekan angka laju penyebaran Covid-19,” tambahnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI