Bukit Sibedug Tawarkan Kemolekan Alam Wonosobo

Editor: Ivan Aditya

PEMERINTAH Kabupaten Wonosobo saat ini gencar mempromosikan Bukit Sibedug di Desa Sumberejo Kecamatan Wadaslintang sebagai destinasi wisata baru. Bukit dengan ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut (mdpl) itu menawarkan kemolekan alam. Bahkan pengunjung disuguhi kemolekan setiap lekuk keindahan hamparan Waduk Wadaslintang dari Bukit Sibedug.

Kades Sumberejo, Harno mengatakan bahwa objek wisata berada di lahan Perhutani KPH Kedu Selatan itu akan segera dibuka untuk umum, namun pemerintah desa masih menunggu persetujuan dari pihak Perhutani maupun LMDH Sumber Rejeki. “Sembari menunggu persetujuan Perhutani, kami terus melakukan perbaikan infrastruktur, terutama akses jalan, pembuatan musola dan toilet, serta mempersiapkan berbagai sarana pendukung untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Sejauh ini, pihak pemerintah desa juga telah membentuk kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdawis) yang nantinya akan mengelola objek wisata Sibedug bersama pemerintah desa. Termasuk melibatkan masyarakat sekitar, sebagai bagian dari pelaku wisata, yakni dengan membuka warung-warung makan maupun pusat oleh-oleh yang menawarkan berbagai kerajinan tangan maupun sajian kuliner khas yang ada di Desa Sumberejo.

Banyak sajian kuliner tradisional khas di desa ini, mulai dari pepes ikan, ikan bakar, bucu pendem, serta didukung minuman rakyat seperti ketimun biji selasih, kelapa muda, gula aren, dan berbagai sajian tradisional lainnya. “Semua bisa dinikmati wisatawan sambil menyaksikan semburat sunrise maupun sunset yang menghiasi langit Waduk Wadaslintang,” ungkap Harno.

Menurut Harno, nama Sibedug diambil dari kebiasaan masyarakat yang mayoritas petani, biasa mendengar suara bedug menandai telah tiba waktu salat Dzuhur. Bunyi bedug tersebut terdengar seperti berasal dari atas bukit, sehingga para sesepuh menyebutnya Bukit Sigedug.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, Salim Bawasir bersama Pembina HPI Wonosobo Agus Purnomo ketika meninjau lokasi Bukit Sibedug menilai bahwa kawasan tersebut sangat layak menjadi objek wisata. Keindahan alamnya sangat eksotis. Pengunjung bisa bersantai-santai sambil menikmati keindahan hamparan Waduk Wadaslintang.

“Keindahan alam Bukit Sibedug sangat mempesona dan menawan. Sangat cocok untuk rekreasi keluarga maupun rombongan. Bukit Sibedug ini semakin melengkapi destinasi wisata lain yang ada di seputaran Waduk Wadaslintang, seperti wisata Lubang Sewu, Bukit Siloreng, Desa Wisata Kumejing, dan Wisata Pemandian Kalianget Somogede,” kata Salim Bawasir. (Ariswanto)

BERITA REKOMENDASI