BUMDes Bangkitkan Kemandirian Ekonomi Desa

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharap mampu membangkitkan semangat baru dan menjadi tonggak kemandirian ekonomi pedesaan. Badan usaha ini juga diharap mampu menekan laju urbanisasi bagi setiap generasi muda desa.

“Jika ada harapan masa depan di desa, saya yakin anak-anak muda desa tidak akan mudah meningalkan desanya hanya demi mencari kehidupan di kota,” kata anggota Komisi VII DPR RI H Abdul Kadir Karding MSi, Selasa  (4/12).

Di hadapan para pengelola BUMDes se eks Karesidenan Kedu di Hotel Ganesha Kabupaten Purworejo dalam seminar pengelolaan dana desa (DD) bersama Ditjend Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa politisi PKB ini menandaskan, bahwa terjadinya urbanisasi generasi muda ke kota karena mereka selama ini merasa pesimis jika tetap bertahan hidup di desa. Tidak tersedianya lapangan pekerjaan, dan kalaupun ada upahnya kecil. “Akibatnya mereka berupaya mencari penghidupan yang lebih menjanjikan untuk masa depan. Sasarannya mereka meninggalkan desa menuju kota-kota besar,” paparnya.

Namun dengan adanya kucuran DD yang begitu besar dari pemerintah pusat yang diterimakan langsung ke desa-desa, telah memberikan harapan tersendiri bagi setiap anak muda di desa. “Mereka akhirnya bersedia kembali menjadi petani karena hasil panennya mudah dijual. Akses jalan bagus, dan BUMDes bisa menampung hasil panen petani,” tambahnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI