BUMDes Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Desa

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hadirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharap mampu membangkitkan semangat perekonomian masyarakat desa. Bahkan melalui BUMDes, berbagai kebutuhan pokok masyarakat dapat dipenuhi, termasuk kebutuhan air bersih.

“BUMDes kami fungsikan untuk pengelolaan air melalui Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Sampai sekarang warga yang memanfaatkan Pamsimas sudah mencapai 313 pelanggan,” kata Kepala Desa (Kades) Piji Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Ismail, Rabu (19/2).

Di sela-sela menerima kunjungan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, Ismail menjelaskan, bahwa BUMDes Harapan Jaya di desanya dibangun tahun 2019 dengan memanfaatkan dana desa (DD) sebesar Rp 160.183.000.
“Sebagai tahap awal BUMDes dipecaya mengelola air Pamsimas yang sudah dibangun sebelumnya,” jelas Islail.

Diakui, desa yang dipimpinnya seluas 2,298 hektar ini sebagian besar merupakan lahan pertanian dengan sistem tadah hujan. “Petani sangat membutuhkan air, terutama di musim kemarau. Mudah-mudahan nanti dengan adanya Bendung Guntur di Kecamatan Bener, warga di wilayah ini dapat menikmati air untuk pertanian,” katanya berharap.

Pada kesempatan itu, Bupati Agus Bastian sekaligus meresmikan BUMDes yang sudah selesai dibangun dan memberikan dorongan semangat warga masyarakat dalam mengelola BUMDes.

Bupati juga berharap warga Desa Piji bersama ibu-ibu PKK dapat meningkatkan perekonomian warga dengan berbagai kegiatan BUMDes. “Harapan saya BUMDes ini dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang bisa digunakan untuk kegiatan dan pembangunan desa,” kata Agus Bastian. (Nar)

BERITA TERKAIT