BUMDes Selamatkan Perekonomian Desa

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus mendorong desa-desa untuk menbentuk dan mengembangkan BUMDes sesuai potensi desa masing-masing dengan mengutamakan kearifan lokal.

“BUMDes bisa bergerak dibidang apa saja termasuk penyediaan sembako, pasar desa, pengelolaan produk pertanian, wisata desa dan lainnya,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Kamis (27/08/2020).

Disaat membuka bimbingan teknis (Bimtek) pengelola BUMDes di Kecamatan Kemiri Hj Yuli Hastuti menandaskan, bahwa di masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini, BUMDes diharapkan bisa tampil sebagai lembaga yang mampu menyelamatkan perekonomian desa. “Melalui berbagai usaha yang dikelola, BUMDes saya harap bisa mengurangi angka pengangguran di desa dan menambah pendapatan masyarakat desa,” tandasnya.

Bimtek pengelolaan BUMDes ini dilakukan di seluruh wilayah kecamatan, di awali di Kecamatan Purworejo yang diikuti Kecamatan Purworejo, Bayan, Banyuurip, dan Kaligesing. Menyusul Kecamatan Kemiri, Bruno dan Pituruh.

Guna memperkokoh eksistensi BUMDes lajut Hj Yuli Hastuti, diperlukan konsolidasi internal, membangun kemitraan dengan pelaku ekonomi di desa, perusahaan swasta, maupun BUMD/BUMN. “Saya percaya dengan keinginan dan tekad yang kuat, BUMDes akan berkiprah meskipun memiliki banyak keterbatasan baik dari sisi sumberdaya manusia maupun permodalan,” tambahnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI