BUMDes Tolak Ukur Kemandirian Desa

 
PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bakal menjadi tolak ukur kemandirian desa. Bahkan ke depan kucuran dana desa bakal melalui lembaga usaha desa ini karena menjadi tulang punggung perekonomian desa.

"BUMDes bakal memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi pemerintah desa dan masyarakat. Terlebih jika kucuran dana desa nanti dihentikan oleh pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Purworejo H Genthong Sumharjono MSi, Jumat (18/5).

Namun Genthong Sumharjono yang didampingi Kabid KerjasamaDesa dan Pengembangan Kawasan Pedesaan Anas Nuryadi SH MM mengakui, bahwa untuk pendirian lembaga BUMDes bukan suatu hal yang mudah. “Pendiriannya mudah, tapi untuk melakukan kegiatan usaha masih butuh waktu karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di tingkat desa,” jelasnya di sela-sela pameran produk BUMDes.

Dikatakan pula, sejak adanya anggaran dana desa yang dikucurkan langsung ke desa dengan nilai yang cukup besar, diharap mampu membangkitkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian pemerintahan desa. Meskipun pada awal kucuran dana masih dititikberatkan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur desa, dengan mengedepankan padat karya langsung tunai, namun ke depan desa harus mandiri. (Nar)

BERITA REKOMENDASI