BUMN Tanam Ribuan Bibit Buah di Duduwetan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perusahaan BUMN PT Virama Karya menyalurkan bantuan 2.200 bibit tanaman buah dan kayu keras untuk warga Desa Duduwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Bibit ditanam di tanggul embung desa dan sepanjang tepi Sungai Lereng.

Penanaman dilakukan Direktur PT Virama Karya Marlani Legitasari, Kodim 0708 Purworejo Letkol INF Lukman Hakim, Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Yudha Suswardanto, Danyonmek 412 BES Mayor INF Moch Renaldi Herbowo, dan Muspika Grabag. Jenis pohon yang ditanam antara lain durian, nangka, kelapa hibdira, dan trembesi.

Direktur PT Virama Karya Marlani Legitasari mengatakan, bantuan bibit disalurkan untuk mendukung upaya masyarakat Duduwetan dalam mengembangkan pariwisata desa. “Masyarakat membuat embung untuk wisata, dan dipadukan dengan tanaman buah, maka ke depan harapannya bisa menjadi wahana wisata yang lengkap dan maju,” ungkapnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai penanaman, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, kehadiran BUMN membantu masyarakat di Duduwetan atas inisiatif dan koordinasi Kodim 0708 Purworejo dengan perusahaan. Perusahaan pelat merah, lanjutnya, juga memiliki tanggung jawab untuk membina masyarakat dengan membuat program yang bermanfaat, termasuk Coorporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk bibit tanaman.

Dandim 0708 Purworejo Letkol Lukman Hakim mengungkapkan, hadir untuk ikut mendampingi masyarakat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Namun, upaya itu tidak akan lepas dari koordinasi yang dilakukan satuan dengan pemerintah di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Dikatakan, kodim memiliki tujuan yang sama dengan pemerintah, yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Harapannya, kemanunggalan dengan masyarakat ini mampu mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur, sesuai harapan dan cita-cita seluruh Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, ketua karang taruna Duduwetan, Rubino mengutarakan, bantuan tersebut sangat berarti bagi masyarakat dalam mengembangkan destinasi wisata. Karang taruna, lanjutnya, bertekad akan merawat tanaman hingga bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat. “Tanaman itu kelak akan menjadi salah satu keunggulan wisata embung di Duduwetan,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI