Bunga Telang Ternyata Berkasiat Melawan Covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bunganya yang berwarna biru sangat idah untuk dipandang. Banyak didapati di kebun-kebun dan semak belukar. Namun masih banyak masyarakat yang belum tahu, bahwa dibalik keindahan bunga telang itu terdapat banyak kasiat untuk kesehatan. Diantaranya untuk melawan covid-19.

Untuk memberi kasiat kesehatan, bunga telang dapat dijadikan sebagai campuran pewarna dalam larutan minuman maupun makanan. Bahkan di Pasar Inis (pasar kuliner tradisional) yang berlokasi di tengah pematang sawah Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, berbagai jenis makanan dari bunga ini menjadi favorit.

“Bunga Telang konon sangat kaya dengan kandungan farmakologis,” kata Lurah/Pendamping Pasar Inis Riyanto Purnomo, Jumat (26/06/2020).

Menurutnya, ada penelitian yang menemukan kandungan fitokimia herbal ini yang bersifat antioksidan, anti inflamasi, antikanker, antimikrobial, antisida, antipiretik, analgesik dan bersifat antidiabetik.

Tanaman ini juga diketahui mengandung seyawa antosianin, flavonoid dan senyawa fenolik yang bersifat antioksidan. “Disinilah konsisten Pasar Inis yang mengangkat kearifan lokal dengan branding Jajanan ndeso dunia telo aseli Brondongrejo dan dunia telang,” jelasnya.

Bunga telang katanya juga ampuh untuk mengatasi radang saluran pernapasan dan bronkitis bahkan juga berkhasiat dalam mengusir racun dari dalam tubuh. (Nar)

BERITA REKOMENDASI