Bupati Ingin Rumah Sakit Tipe C Dilengkapi Helipad

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pembangunan tahap pertama rumah sakit Tipe C Kabupaten Purworejo mencapai  88 persen pada pekan ke 36 sejak dimulainya proyek itu. Pemkab optimis pembangunan akan selesai tepat waktu atau mencapai target 100 persen pada pekan ke 38 atau minggu keempat Desember 2018. 

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meyakin, rumah sakit Tipe C akan menjadi layanan kesehatan terlengkap di Purworejo. "Kami akan terus membenahi, bahkan saya punya keinginan rumah sakit itu kelak dilengkapi helipad," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (12/12).

Menurutnya, keberadaan helipad penting untuk memudahkan transportasi pasien. Terutama, kata bupati, apabila terjadi kejadian gawat darurat dimana pasien membutuhkan akses kesehatan yang cepat. 

Apalagi rumah sakit Tipe C memiliki jarak yang dekat dengan bandara. "Jaraknya dari bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) hanya sepuluh menit, kalau lewat udara, pakai helikopter bisa lebih cepat lagi," ucapnya.

Ditambahkan, rumah sakit tersebut ditargetkan beroperasi tahun 2010. Pemkab kembali melanjutkan pembangunan tahap kedua pada tahun 2019. "Rumah sakit Tipe C menjadi upaya pemkab membangun kesehatan masyarakat, selain itu juga menyongsong pembangunan NYIA," katanya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Purworejo Suranto mengemukakan, pekerja PT Hutama Karya masih melakukan pekerjaan 'finishing'. Suranto meyakini pekerjaan selesai tepat waktu.

Pelaksana tender, katanya, melakukan berbagai upaya seperti penambahan tenaga dan jam kerja. "Kami terus berkomunikasi dengan pihak Hutama Karya dan semua berproses seperti rencana," ungkapnya.

Kendati demikian, Suranto meminta pelaksana pekerjaan tidak dilakukan secara asal-asalan. "Kualitas harus tetap diutamakan, untuk memastikan tim PUPR seara periodik mengecek lokasi pembagunan," tegasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI