Bupati Ingin Wujudkan Insentif Ketua RT/RW

PURWOREJO(KRJOGJA.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berencana mewujudkan insentif untuk ketua RT dan ketua RW di wilayahnya. Bupati Agus Bastian SE MM menilai dua jabatan sosial itu memiliki peranan penting dalam menyokong pembangunan pada tingkatan paling bawah.

Menurut bupati, keberhasilan pemkab memberi insentif kepada guru ngaji menjadi salah satu motivasi agar ketua RT/RW juga mendapatkan hak serupa. "Seperti ngaji yang sekarang sudah dapat insentif. Kedepan akan kami musyawarahkan," ujarnya, Kamis (30/5).

Ketua RT/RW merupakan garda terdepan dan kepanjangan tangan pemerintah dalam pelayanan masyarakat. Mereka juga memiliki peran dalam sosialisasi setiap kebijakan pemerintah.
  Pemerintah belum pernah memberi insentif ataupun gaji karena jabatan itu bersifat kerja sosial. "Tapi tentunya insentif juga disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah kabupaten," ucapnya.

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH menambahkan, ketua RT/RW patut mendapat apresiasi mengingat tugasnya yang tidak mudah, termasuk menyelesaikan permasalahan yang ada ditingkat bawah. "Sudah sangat tepat memperjuangkan ketua RT/RW mendapatkan perhatian dari pemerintah berupa insentif," tuturnya.

Terpisah, Ketua DPRD Purworejo Ir Luhur Pambudi Mulyono mengemukakan, para wakil rakyat juga fokus mengupayakan anggaran insentif Ketua RT/RW. Rencananya, APBD 2020 telah mengalokasikan anggaran insentif tersebut. 
 

Tujuan insentif, kata Luhur, adalah untuk memacu semangat ketua RT/RW dalam melayani masyarakat. "Semoga saja APBD 2020 dan syukur bisa di perubahan 2019, ada alokasi anggarannya. Paling tidak untuk ketua RT/RW di kelurahan dulu, syukur bisa untuk seluruh wilayah Purworejo," ungkapnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI