Bupati Magelang, Kembali Raih Top Pembina BUMD

BUMD Paling TOP di Indonesia

Beberapa BUMD Terbaik di Indonesia, mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020. Diantaranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Air Minum Apa’ Mening Kabupaten Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kabupaten Berau, PDAM Kabupaten Nunukan. Selain itu juga ada, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, dan BPR Batola Kabupaten Barito Kuala.

Ada juga, BUMD Terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim. Sedangkan beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan (Improvement), diantaranya adalah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan PDAM Kota Gorontalo. Masih ada beberapa BUMD Terbaik lainnya yang mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2020.

M Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2020, yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards, insya Allah merupakan kegiatan award BUMD Terbesar di Indonesia. Kegiatan Top BUMD Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh majalah Top Business, sejak 2016. Mulai tahun 2020 ini, majalah Top Business menyelenggarakan TOP BUMD Awards, bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), dan beberapa asosiasi dan konsultan bisnis.

TOP BUMD Awards 2020 ini, diikuti oleh 163 BUMD Finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 7 persen, dibanding tahun 2019 sebanyak 152 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk Wawancara Penjurian, yang telah diselenggarakan secara online, sejak 16 Maret – 8 Juni 2020 secara Online. Ada 8 Profesor dan beberapa Doktor diantara 30 Dewan Juri yang juga pakar dan ahli dibidang manajemen Bisnis dan BUMD, yang melakukan penilaian dalam TOP BUMD Awards ini.

“Dengan segala kerendahan hati, mudah-mudahan, kegiatan TOP BUMD Awards ini, terus menjadi kegiatan BUMD Awards yang Terbesar, Paling Kredibel, Paling Bermanfaat di Indonesia,” ujar Lutfi.

BERITA REKOMENDASI