Bupati Magelang Liburan di Telomoyo

MAGELANG, KRJOGJA.com – Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP terus berkomitmen mengembangkan dunia pariwisata diwilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan dirinya bersama dua anaknya, Muhammad Dzikra Raya Arifin (15) dan Pathya Wisesa Arifin (11), mengawali Tahun 2020 dengan menikmati trip wisata disekitar Gunung Telomoyo yang berada di Kecamatan Ngablak, Rabu (1/1/2019). 

Yang menarik, mereka mengendarai sepeda motor tua, motor trail CB XL dan motor honda C70 dengan tanpa pengawalan protokoler ketat. Dalam kesempatan itu,  Bupati memboncengkan putra keduanya.

Destinasi wisata yang pertama di kunjungi adalah Gunung Telomoyo. Saat memasuki loket gerbang Telomoyo, Bupati pun tetap membayar tiket masuk seperti pengunjung yang lain. Dalam kesempatan ini, bupati magelang yg ingin mencoba muncak ke gunung Telomoyo dengan motor classic, namun karena cuaca kurang mendukung dan turun hujan, akhirnya hanya mampir di kedai 'Kopi Rimba Telomoyo' dan Kantor Pengelolaan Wisata Telomoyo.

Sambil ngopi dan diskusi ringan, Bupati Magelang berpesan, agar pengelola dan wisatawan selalu menjaga kelestarian alam dan tidak membuang sampah sembarangan. "Saya sangat optimis wisata Telomoyo akan maju dan menjadi salah satu ikon wisata magelang kedepan. Namun yang harus diperhatikan dan dijaga adalah kelestarian alamnya. Utamanya jangan buang sampah sembarangan," pintanya.

Ditegaskan jika pihaknya sangat yakin, wisata sekitar Gunung Telomoyo akan mampu menjadi penyangga wisata Borobudur yang sedang di bangun oleh pemerintah pusat, dengan skala super prioritas untuk menjadi destinasi internasional dan menjadi Bali baru. Ia pun mengapresiasi pengelolaan wisata Telomoyo dengan lebih mengedepankan pemberdayaan masyarakat. 

"Kedepan, diharapkan di buat satu paket wisata jalur Telomoyo, Air Terjun Sumuran, Air Terjun Sekar Langit, Telaga Bleder dan Candi Umbul di Kecamatan Grabag. Kalau ini direalisasikan, saya optimis akan semakin rame kunjungannya, apalagi sekarang sudah di buka paket wisata 'Telomoyo Jip Explore'. Ini akan mengkoneksikan destinasi-destinasi yang ada menjadi satu paket wisata," harapnya.

Sementara Ketua KSBN (Komite Seni Budaya Nasional) Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso yang juga Pegiat Wisata Telomoyo, menyambut baik arahan bupati Magelang tersebut. Bahkan kedepan, akan digelar atraksi budaya setiap hari minggu siang di areal Parkir Telomoyo. 

"Dengan menampilkan kesenian-kesenian daerah yang ada di sekitar Gunung Telomoyo, kami berharap akan mempercepat berkembangnya wisata disini (Telomoyo)," imbuh Mul Budi Santoso yang akrab dipanggil 'Bodrek' tersebut. (Bag)

BERITA REKOMENDASI