Bupati Minta Importir Beli Bawang Putih Lokal

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq meminta pada kalangan importir bawang putih untuk membeli bawang putih hasil panen petani Kabupaten Temanggung untuk mendongkrak harga dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saat ini panen raya bawang putih, importir saya minta membeli bawang hasil panen petani. Ini demi meningkatkan kesejahteraan petani di masa panen raya ini,” kata Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, Jumat (17/4).

Dia menyampaikan di Temanggung luasan lahan bawang putih mencapai 3.000 hektare. Dari luasan itu ada beberapa kategori lahan, sebagian di antaranya dibiayai oleh APBN, sebagian investor (importir) dan sebagian di antaranya pertanian bawang putih mandiri para petani.

Petani, katanya resah, ditengah panen raya harganya anjlok. Saat ini harga bawang putih basah hanya Rp 8.000 per kilogram, dari biasanya antara Rp 12.000 hingga 17.000 per kilogram. ” Petani kesulitan menjual bawang putih, importir harus membantu petani dengan membeli dengan harga yang wajar,” katanya.

BERITA REKOMENDASI