Bupati Purworejo Blusukan, Jalan Inspeksi Saluran Irigasi Dikeluhkan Warga

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga masyarakat di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, yang mengakses jalur irigasi sebagai sarana lalu lintas desa mengeluh karena kondisi jalan yang belum layak. Tidak beraspal dan susah diakses jika musim penghujan, serta berdebu pada musim kemaru.

“Warga mengusulkan perbaikan jalan inspeksi saluran irigasi  di sekitar sungai kedung gupit, sungai lesung dan beberapa sungai dibawah kewenangan Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO),” kata Kabag Humas Setda Purworejo Rita Purnama SSTP, Jumat (10/1/2020).

Saat mendampingi Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM pada kunjungannya di daerah perbatasan Rita Purnama menjelaskan, bahwa warga selama ini memanfaatkan jalan inspeksi saluran irigasi  itu sebagai akses aktifitas sehari-hari. Jalan itu sekaligus dimanfaatkan warga sebagai jalur penghubung antar desa. 

Namun karena kewenangan pengelolan jalan inspeksi itu ada di BBWSO, Bupati Agus Bastian meminta agar pihak desa membuat proposan kepada BBWSO melalui Dinas PUPR. “Segera diusulkan saja, agar segera dapat ditangani BBWSO. Jika ada desa membutuhkan alat berat, pinjam saja ke Dinas PUPR, gratis,” tandas Agus Bastian menanggapi permintaan sejumlah kepala desa (Kades) di wilayah itu.

Dalam kunjungannya itu Agus Bastian juga singgah di beberapa rumah warga yang masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sekaligus memberikan berbagai bantuan.

Agus Bastian juga meminta kepada para kades agar selalu memperbaharui data warga miskin seperti penerima PKH, BNPT dan RTLH dan lainnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI