Bupati Resmikan Jembatan Gantung Sidomulyo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan jembatan gantung di atas Sungai Bogowonto Dusun Ngemplak Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo, Rabu (21/03/2018). Jembatan penghubung Desa Sidomulyo dengan Kelurahan Baledono itu merupakan bangunan kesepuluh sumbangan filantropis asal Swiss Mr Toni Ruttimann untuk Kabupaten Purworejo.

Bupati didampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mencoba meniti jembatan sepanjang 65 meter dengan lebar 120 sentimeter itu. "Konstruksinya cukup kuat, namun memang jembatan gantung tetaplah akses sementara. Apabila semua memungkinkan dan anggarannya ada, bisa jadi akses itu ditingkatkan jadi jembatan permanen," tutur Agus Bastian, kepada KRJOGJA.com disela peresmian.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menyampaikan terima kasih atas usaha Toni Ruttimann membantu memudahkan akses warga. Selama ini, warga Dusun Ngemplak harus memutar hingga tujuh kilometer untuk menuju Pasar Baledono.

Namun setelah ada jembatan, jarang bisa dipangkas tidak lebih dari dua kilometer. "Masyarakat pasti dimudahkan, jadi mereka juga harus bisa menjaga dan merawat jembatan itu," tegasnya.

Kepala Desa Sidomulyo Setyono Hadi mengatakan keinginan memiliki jembatan sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Warga pernah membangun jembatan secara swadaya di dusun itu, namun putus diterjang banjir besar tahun 1996.

Pemerintah desa kemudian merapatkan rencana pembangunan jembatan dan mengusulkan kepada perwakilan Toni Ruttimann di Indonesia. "Kebetulan perwakilan juga warga Purworejo. Kami usul, disurvey dan Toni datang membuat jembatan Desember 2017," ucapnya.

Warga juga mengumpulkan swadaya hingga Rp 200 juta lalu ditambah Dana Desa Rp 50 juta untuk menyelesaikan fondasi jembatan. Sementara nilai material jembatan bantuan Toni diperkirakan Rp 1,3 miliar. (Jas)

BERITA REKOMENDASI