Bupati Temanggung Buka Obyek Wisata Bukit Kembang Arum

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Bupati Temanggung Alkhadziq meresmikan kawasan pengembangan investasi Bejen, Tretep dan Wonoboyo " By The Way" dengan ditandai peresmian obyek wisata Bukit Kembang Arum di Desa Prangkoan Kecamatan Bejen, Temanggung.

Bupati Alkhadziq mengatakan dahulu pintu masuk Temanggung dari utara yang ditandai keberadaan pasar Tepusen dan Gemawang, untuk menyambut atau memasarkan barang untuk saudagar dari pesisir utara. Pembukaan kawasan By The Way, dimaksudkan untuk mengembalikan pintu masuk Temanggung, yang kini tidak hanya pesisir utara tetapi juga dari tol utara.

"Pintu masuk Temanggung dari utara akan dikembalikan, sehingga perlu pembangunan kawasan utara. Kawasan By The Way sebagai momentumnya, " katanya.

Dia mengatakan perlu penataan dan dipersiapkan kawasan By The Way yang lebih baik, sehingga kedepan menjadi tempat transaksi produksi sumber daya. Hasil produksi cukup dipasarkan di Bejen, pedagang tidak perlu masuk ke Temanggung.

Dia menyampaikan obyek wisata Bukit Kembang Arum diharapkan dapat memberikan kemanfaatan untuk masyarakat di Temanggung dan khususnya di tiga kecamatan tersebut.  Apalagi tiga kecamatan itu punya potensi yang layak jual seperti seni tradisi budaya maupun sumber daya alam dan industri UMKM.

"Yang pasti perlu jaringan dalam pengembangan wisata budaya, promosi tidak hanya di Temanggung juga di luar daerah dan luar negeri," katanya.

Camat Bejen Edi Cahyadi mengatakan kawasan By The Way untuk mewujudkan Temanggung yang tentrem marem dan gandem dari wilayah utara. " Kami kembangkan dan memperkenalkan potensi wisata wilayah utata, Bejen dengan Kembang Arum, Gemawang punya curuk Surodipuro dan Tretep punya bukit Wagir bawang," katanya.

Dia mengatakan Temanggung punya potensi pariwisata yang besar. Yang diperlukan adalah menjahitnya, sehingga terwujud menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi warga.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bagus Pinuntun mengatakan 'By The Way' sebagai salah satu upaya mewujudkan jaringan dalam pengembangan dibidang wisata dan ekonomi. "Pengembangan ini dibarengi dengan pengembangan UMKM, sehingga dinikmati masyarakat secara bersama-sama," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI