Bupati Temanggung Putuskan Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen Mulai Juli

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) seratus persen di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Temanggung dimulai pada tahun ajaran baru.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan hasil evaluasi pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 dan melihat perkembangan kasus hingga mendasarkan regulasi diputuskan PTM 100 persen diberlakukan mulai Juli 2022.

“Telah diputuskan PTM 100 persen mulai Juli yakni mulai tahun ajaran baru,” kata Bupati Temanggung Al Khadziq, Jumat (27/5).

Al Khadziq mengatakan keputusan penerapan PTM 100 persen telah melalui proses yang panjang dan mendalam. Berbagai faktor dipertimbangkan termasuk dampak positif dan negatifnya.

Sumber daya yang dimiliki, kata dia, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sarpras dan berbagai pendukung PTM 100 persen telah dicermati, dan kini yang masih kurang dipacu untuk bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Dikatakan harapan dengan PTM 100 persen, bisa mengejar ketertinggalan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia terutama anak didik.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan Mendikbudristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri menerbitkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang turut mengatur pembelajaran tatap muka atau PTM 100 persen.

Dikatakan di SKB tersebut penyelenggaraan PTM dilaksanakan berdasarkan level PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat dan capaian vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta warga masyarakat lanjut usia (lansia).

Diantara isinya, bagi satuan pendidikan yang berada pada PPKM Level 1 dan Level 2 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan jam pembelajaran (JP) sesuai kurikulum.

Kemudian, Bagi yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen juga diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan durasi pembelajaran paling sedikit 6 JP. “Temanggung sendiri saat ini berada di PPKM Level 2, sehingga bisa menerapkan PTM 100 persen,” kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI