Bursa Inovasi Desa Bangkitkan Ekonomi Lokal

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRjogja.com – Dama desa (DD) yang cukup besar dialirkan ke desa-desa diharap mampu membangkitkan ekonomi lokal. Paling tidak di setiap desa mampu membangun kreatifitas produk unggulan sehingga mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat desa.

“Selama ini DD mayoritas atau 90 persen baru untuk pembangunan fisik, padahal DD ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah Nadi Santoso SP MM di sela-sela pembukaan bursa inovasi desa (BID) 2018 yang dipusatkan di Gelora Olahraga (DOR) WR Soepratman Kabupaten Purworejo, Selasa (30/10).

Dalam bursa ini masing-masing desa menggelar potensi yang ada di desanya yang sudah tergarap. “Harapannya terjadi sharing pengetahuan antar desa sehingga dapat saling tukar kemampuan. Sekaligus muncul komitmen desa untuk mengembangkan potensinya masing-masing,” jelas Nadi Santoso.

Sementara itu menurut Plt Kepala Bapermades Purworejo H Genthong Sumharjono SSos MM, BID ini juga sebagai kegiatan inovasi dari desa yang telah didokumentasikan dalam bidang infrastruktur dan pengembangan ekonomi lokal. “Khususnya kewirausahaan dan pengembangan sumberdaya manusia (SDM),” katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH mengingatkan bahwa salah satu tujuan utama Program BID ini sebagai upaya mempercepat pengentasan rakyat dari kemiskinan. Sebab Undang-Undang Desa juga telah mengamanatkan agar setiap desa menjadi lebih mandiri. (Nar)

BERITA REKOMENDASI