Bus Rombongan Haji Purworejo Nyaris Terbakar

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bus rombongan jamaah haji Kloter 61 Kabupaten Purworejo nyaris terbakar, di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Borokulon Kecamatan Banyuurip, Selasa (26/9/2017). Bus pariwisata berpenumpang 55 jamaah itu dalam perjalanan pulang dari Asrama Haji Donohudan Sukoharjo menuju Pendopo Kabupaten Purworejo.

Tidak ada korban dalam kejadian itu, namun sempat menimbulkan kepanikan para penumpang. "Sebetulnya sudah terasa ada keanehan saat bus saya bawa, karena ternyata kipas pendingin tidak menyala," ujar Zaidin, sopir bus, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, tanda kebakaran muncul saat bus sampai di pertigaan Donbosco Borokulon. Asap tebal muncul dari mesin di bagian belakang bus. Jamaah haji yang mengetahui ada asap, meminta sopir menghentikan kendaraan.

Penumpang berdesakan keluar dari bus bernomor polisi K 1545 CB itu. Sementara awak angkutan menyiram percikan api dengan air. "Kebetulan dekat lokasi bus berhenti ada sumber air, jadi api tidak sempat membesar dan sampai menimbulkan korban," tuturnya.

Jamaah haji yang turun di tepi jalan menunggu dijemput keluarga. Sebagian melanjutkan perjalanan ke pendopo dengan angkutan cadangan. "Sempat panik saat lihat asap, untung segera teratasi. Sekarang karena tidak sampai pendopo, keluarga jemput saya di Borokulon," ucap Budi Sunaryo, penumpang bus.

Sementara itu, Kanit Kecelakaan Iptu Edy Winawan mengemukakan, pihak kepolisian mengimbau pemilik armada angkutan untuk mengecek detil kondisi kendaraannya. Meski tidak menangani, namun anggota satlantas tetap diterjunkan membantu mengatasi masalah itu. "Jangan sampai bus kurang layak dioperasikan, untung saja tidak sampai timbul korban dan bus mogok tidak jauh dari pendopo, sehingga tidak terlalu berdampak," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI