Calon Anggota Legislatif Dilaporkan Polisi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Salah seorang calon anggota legislatif (Caleg) di Kabupaten Purworejo dilaporkan ke Polres Purworejo oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena diduga kuat telah melakukan pelanggaran pidana Pemilu.

“Pelanggaran karena yang bersangkutan melakukan kampanye menggunakan mobil dinas (Mobnas) pemerintah,” kata Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn, Selasa (5/3).

Menurutnya, kejadian itu merupakan temuan hasil pengawasan kampanye melekat yang dilakukan Bawaslu di lapangan Desa Popongan Kecamatan Banyuurip Purworejo pada  Februari lalu.

Temuan ini lanjut Nur Kholiq, langsung ditindaklanjuti melalui proses Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang juga melibatkan pihak Kejaksaan dan Kepolisian. “Setelah dirasa lengkap, akhirnya berkas perkara tindak pidana Pemilu ini kami limpahkan ke Polres untuk ditindaklajuti,” tambahnya.

Dijelaskan, terlapor dalam kasus dugaan pidana Pemilu ini adalah ETH (54), salah satu calon anggota legislatif pada Pemilu 2019, yang saat ini juga masih menjabat.

Pelimpahan berkas yang dilakukan komisioner Bawaslu ini juga didampingi tim asistensi melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Dalam proses perkara ini lanjut Nur Kholiq, sudah melakukan klarifikasi terhadap terlapor dan juga belasan saksi lain yang dihadirkan. Sesuai ketentuan, karena dugaan pidana, maka sejak awal proses penanganan kasus ini melibatkan Gakkumdu. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI