Calon Panwascam Tiga Kecamatan Belum Terpenuhi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Jumlah pendaftar calon Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) di tiga kecamatan Kabupaten Purworejo belum terpenuhi. Hingga Selasa (12/9) pukul 12.00, pendaftar di Kecamatan Loano sebanyak delapan, Bagelen enam dan Bruno delapan orang.

Jumlah pendaftar untuk setiap kecamatan minimal sembilan calon. Pendaftaran berakhir pada Selasa (12/9) pukul 16.00. "Apabila belum memenuhi syarat, maka pendaftaran akan diperpanjang satu hari," ujar Rinto Hariyadi Ketua Panwas Kabupaten Purworejo, kepada KRJOGJA.com.

Sebanyak 13 kecamatan telah memenuhi jumlah minimal pendaftaran. Kecamatan Purworejo terdata 32 calon, Purwodadi 25, Kemiri 23, Banyuurip 16, Butuh 16, Ngombol 15, Bayan 14, Kaligesing 11, Kutoarjo 11, Grabag 10, Gebang 9, Pituruh 9 dan Bener 9.

Menurutnya, jumlah pendaftar akan bertambah menjelang penutupan pendaftaran. Setelah penutupan, seluruh berkas akan diperiksa tim seleksi panwascam.

Berkas yang memenuhi syarat akan diumumkan pada tanggal 13 September 2017. Namun untuk kecamatan yang pedaftarannya diundur, pengumuman dilaksanakan pada 14 September 2017.

Seluruh peserta lolos seleksi administrasi akan mengikuti ujia tertulis pada 16 September 2017 di Aula STAINU Purworejo. "Ujian serentak se Jawa Tengah, soal juga dari Panwas Provinsi Jateng. Kemudian yang lolos akan ikut tes wawancara dan target kami akhir September panwascam dilantik," tegasnya.

Dikatakan, pihak panwaskab tidak mengetahui penyebab belum terpenuhinya kuota pendaftar di tiga kecamatan. "Kami sudah
sosialisasi lewat berbagai media dan diumumkan di seluruh kecamatan,"tuturnya.

Sebagian besar pendaftar berumur di bawah 30 tahun. Ditambahkan, seluruh calon peserta berpeluang sama untuk terpilih menjadi panwascam.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI