Capaian Vaksinasi di Temanggung Ditarget 80 Persen

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung mentarget capaian vaksinasi Covid-19 di kabupaten tersebut sebesar 80 persen dari sasaran target untuk mencapai herd immunity. Rata-rata untuk mencapai herd immunity ditarget 70 persen, namun di Temanggung petugas vaksinasi berani hingga terget 80 persen.

“Sasaran vaksinasi di Temanggung 673.327 orang dan teman-teman berani targetkan 80 persen,” kata Kepala Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Supardjo MKes disela pencanangan vaksinasi di kabupaten tersebut, Senin (25/01/2021).

Supardjo mengatakan melibatkan sekitar 1441 vaksinator untuk pencapaian target. Mereka berasal dari 32 fasilitas kesehatan yakni 26 puskesmas, 4 rumah sakit, dan dua klinik di TNI/Polri.

Dikatakan butuh waktu sekitar satu tahun untuk melakukan vaksinasi pada target sasaran. Harapan tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut seperti penolakkan dari warga. Vaksin yang digunakan di Indonesia telah aman dengan hasil sesuai penelitian sangat bagus.

Makanya, terang dia, pihaknya percaya akan dapat memenuhi capaian. Hanya saja untuk mencapai herd immunity, dibutuhkan proses yang panjang. Jadi bukan berarti setelah ada vaksin dan dilakukan vaksinasi lantas pendemi selesai.

Sebagai contoh, pandemi cacar butuh waktu 100 tahun dan pandmi pholio 50 tahun setelah ditemukan vaksin. “Namun vaksin sebagai salah satu langkah untuk mengakhiri pandemi,” kata dia sembari mengatakan masyarakat sudah berharap pandemi selesai.

Bupati Temanggung Al Khadziq memberi semangat pada tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi dan meminta masyarakat mau untuk divaksin demi masa depan yang lebih baik. Vaksin adalah harapan untuk mengakhiri pandemi Covid-19. “Masyarakat yang memenuhi syarat harus menjalani vaksin. Ini agar Pandemi segera berlalu,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI