Captain Amerika Ikut Polres Temanggung Operasi Zebra

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Polres Temanggung menggelar Operasi Zebra Candi 2021 di sekitar Tugu Jam dan Jalan Jenderal Sudirman, dengan sasaran pengguna jalan, Sabtu (20/11/2021). Pada operasi kali ini mereka melibatkan Kapten Amerika dan maskot Polres Temanggung Si Polin.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Komang Karisma mengatakan sengaja melibatkan Kapten Amerika dan Si Polin dalam operasi Zebra Candi 2021. “Kapten Amerika dan Si Polin untuk menghibur pengguna jalan dan terlibat sosialisasi penerapan Prokes untuk mencegah paparan Covid-19 dan gelombang ke tiga,” kata dia.

Dia mengatakan Operasi Zebra Candi 2021, digelar cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab operasi tahun ini lebih mengedepankan kegiatan yang preventif dan preemtif.

Dia menyampaikan dalam operasi Zebra Candi 2021 kali ini anggota dituntut untuk lebih mengedepankan tindakan yang humanis di lapangan. Selain itu anggota juga harus melakukan edukasi pada masyarakat berupa penerapan protokol kesehatan untuk mencegah paparan Covid-19 dan terjadinya gelombang ke tiga.

“Operasi kali ini menitik beratkan dalam kegiatan preventif dan preemtif agar masyarakat lebih taat dalam berlalu lintas serta tidak meninggalkan protokol kesehatan,” terangnya.

Dia menerangkan pihaknya menggunakan cara yang unik dalam sosialisasi taat berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menghadirkan polisi berpakaian Captain Amerika dan badut Si Polin. “Saat ini kami melaksanakan kegiatan razia dan sosialisasi kepada masyarakat,” kata dia.

Apabila didapati tertib maka akan berikan bunga, boneka dan jamu untuk meningkatkan imun. “Tetapi apabila ada masyarakat yang didapati tidak menggunakan masker kami berikan teguran dan masker untuk mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan,” kata Komang.

Komang menambahkan dari pantauan di lapangan, kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas sudah bagus, akan tetapi masih banyak yang lalai akan protokol kesehatan. “Kami menghimbau kepada masyarakat Temanggung untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas juga selalu mentaati protokol kesehatan karena Pandemi belum berakhir,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI