Cari Kayu Bakar, Petani Tersengat Listrik PLN

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Suroto petani warga Desa Sumber Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo tewas akibat tersengat listrik jaringan PLN di desa setempat, Rabu (17/11) petang. Korban tersengat ketika memangkas dahan pohon jati yang tumbuh di tepi jalan tersebut untuk kayu bakar.

Kapolsek Pituruh AKP Saptohadi mewakili Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi mengatakan, kecelakaan terjadi ketika korban mencari kayu bakar dengan memangkas dahan pohon jati yang tumbuh di jalan tengah sawah di Desa Sumber. Korban memanjat pohon dan memotong beberapa dahan.

Namun, kata Kapolsek, korban diduga tidak menyadari dahan pohon jati yang ditebang menyentuh kabel jaringan PLN bertegangan tinggi. “Korban tersengat listrik dan jatuh dari ketinggian kurang lebih tiga meter. Korban meninggal dunia di lokasi kejadian,” katanya saat dihubungi KRJOGJA.com, Kamis (18/11).
Warga yang mengetahui kejadian itu memberikan pertolongan. Korban dievakuasi ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Warga juga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pituruh. “Kami cek lokasi dan karena korban sudah dibawa pulang, polisi bersama paramedis Puskesmas Karanggetas, PLN, Koramil, juga kecamatan datang ke rumah korban. Petugas medis mengecek dan tidak menemukan tanda kekerasan,” ujarnya.

Jenazah korban diserahkan keluarganya untuk dimakamkan. Keluarga menerima peristiwa itu sebagai musibah.
Kapolsek mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika beraktivitas di dekat kabel jaringan listrik bertegangan tinggi. Dahan pohon yang masih hidup, katanya, tetap bisa menjadi pengantar listrik. “Meski tidak kondisi hujan, dahan pohon yang hidup juga memiliki kandungan air. Maka siapa pun harus hati-hati, jangan sembarangan beraktivitas di dekat kabel jaringan PLN,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI