Cegah Erosi, Bantaran Sungai Pabelan Dihijaukan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Guna memulihkan mata air, menjaga ekosistem alam dan menjaga bantaran sungai agar tidak mudah longsor, sebanyak 1100 bibit pohon ditanam di bantaran Sungai Pabelan, tepatnya di sekitar Sabo dam Kapuhan Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu (17/1/2021). Kegiatan ini, diinisiasi oleh Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH).

“Kegiatan ini (penghijauan), akan terus kami lakukan. Untuk tahun ini, kami sudah melakukan di dua lokasi. Pertama awal januari kemarin di sekitar bumi perkemahan klampahan, masih di Kecamatan Sawangan. Tujuan utamanya tetap untuk menjaga dan memulihkan mata air. Selain itu juga untuk menjaga ekosistem alam,” kata Koordinator FMMH, Jadmiko, disela-sela penanaman.

Untuk kegiatan kedua ini, kata Jadmiko, juga untuk menjaga bantaran Sungai Pabelan agar tidak mudah longsor dan memulihkan mata air disekitarnya. “Untuk kegiatan kali ini, ada sekitar 200 relawan yang terlibat. Sebenarnya ada beberapa relawan dan komunitas lagi yang mau terlibat, namun karena pandemi Covid-19, kami membatasi jumlah pesertanya. Dalam kegiatan ini, kami juga tetap menggunakan protokol kesehatan sangat ketat,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI