Cek Bus Pariwisata, Menhub Tekankan Keselamatan Penumpang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan RI (Menhub RI) Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Refri Andri, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiyadi, Direktur Preservasi Jalan Kementerian PUPR Ir Atyanto Busono MT maupun lainnya melakukan pemantauan dan pengecekan kendaraan bus pariwisata di areal parkir pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Kamis (27/12/2018). Kedatangan Menhub dan rombongan disambut Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, jajaran Direksi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB) serta lainnya.

Sesampainya di areal parkir bus pariwisata, Menhub dan Kakorlantas langsung menuju ke salah satu bus. Menhub dan Kakorlantas langsung bertanya mengenai banyak hal kepada M Ikhwan, pengemudi bus pariwisata dari Jombang Jawa Timur. Tidak hanya bertanya dari luar bus, Menhub bersama Kakorlantas maupun lainnya juga masuk ke dalam bus dan melanjutkan bertanya beberapa hal kepada pengemudi bus.

"Secara umum bus-bus yang beroperasi hari ini dalam kondisi baik. Sebelum ke TWCB Magelang, saya dan rombongan juga melakukan pemantauan di daerah Subang Jawa Barat," jelas Menhub RI kepada media.

Meskipun demikian tetap diingatkan agar beberapa kelengkapan yang harus dilengkapi, pengemudi juga barus berani berbicara dengan perusahaan berkaitan dengan kekurangan perlengkapan yang ada di dalam kendaraannya. Pengemudi juga harus memperhitungkan lama perjalanannya.

Kakorlantas Mabes Polri diantaranya mengatakan dari Polda Jateng dan Dinas Perhubungan juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan pengemudi, termasuk melakukan tes urine, kandungan alkohol maupun lainnya. Beberapa faktor lain, selain faktor pengemudi, kendaraan, jalan maupun lainnya, faktor cuaca juga sangat menentukan dan harus dipahami para pengemudi. Penumpang juga diminta memberikan kontribusinya untuk keselamatan.

"Saat ini tol trans Jawa sudah dibuka, akses kecepatan sampai ke lokasi tujuan menjadi lebih cepat. Saat ini masyarakat banyak yang menuju ke tempat-tempat wisata. Dalam kondisi jalan saat ini sudah bagus, dan diminta untuk tidak terlena sehingga menjadi kecelakaan fatal, ujar Atyanto Busono secara terpisah. 

Sedang Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI secara terpisah kepada wartawan mengatakan hasil pengecekan di areal parkir TWCB, sejak Kamis pagi, diketahui ada 25 kendaraan yang lolos dan kondisinya baik. Selain itu juga diketahui ada 14 kendaraan yang tidak lolos dengan beberapa pelanggaran, diantaranya yang menyangkut kartu pengawasan.(Tha)

BERITA REKOMENDASI