Cerdaskan Anak di Pelosok, Purworejo Bangkitkan Semangat Perpusdes

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagai pusat belajar masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo kini terus mengembangkan perpustakaan desa (Perpusdes). Target sementara, satu kecamatan memiliki satu desa yang membangun perpustakaan.

“Sekarang sudah ada empat desa yang memiliki perpustakaan, dan target semantara kami masing-masing kecamatan minimal memiliki satu desa yang membangun perpusdes,” kata Kepala Dinas Arpusda Purworejo Tri Joko Pranoto SIP di sela-sela sosialisasi perluasan transformasi perpusdes di aula Gedung PGRI setempat, Kamis (5/4/2018).

Dalam sosialisasi perpusdes sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam program Perpuseru ini, Dinas Arpusda mengundang para pemangku kepentingan mulai dari camat, kepala desa, kader PKK, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat lainnya dari 13 kecamatan, yang diharap mampu membangkitkan semangat membangun perpustakaan di tingkat desa.

Pengembangan perpusdes menurut Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, merupakan wujud dari replikasi perpustakaan daerah sebagai mitra PerpuSeru yang dikembangkan ke desa. “Tujuannya, agar perpusdes bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat yang berbasis teknologi informasi,” katanya dalam membuka acara ini.

Diakui, pada awal tahun 2017 pembinaan dan pendampingan sudah diwujudkan di empat Perpusdes di Kabupaten Purworejo, untuk bertransformasi menjadi pusat belajar masyarakat. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI