Contoh Diponegoro, Bupati Ajak Generasi Muda Kerja Keras

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, mengajak generasi muda agar mencontoh semangat pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro dalam berjuang melawan penjajah. Untuk saat ini, mereka diajak dengan mengisi kemerdekaan dengan cara kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. 

"Ketiga hal tersebut harus beriringan, tidak bisa sendiri-sendiri. Contohnya bila ada yang bekerja di pabrik minuman keras, hal itu akan menghasilkan rejeki yang tidak halal, maka itu bukan merupakan kerja cerdas, dan tidak barokah," kata Bupati dalam kegiatan Haul Pangeran Diponegoro, bertempat di Langgar Agung Diponegoro Komplek MA/MTs Diponegoro Salaman, Selasa (08/01/2019). 

Dalam itu, KH Amin Maulana Budi Harjono dalam atusiahnya menyampaikan, agar menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat dan jangan sampai terpecah belah. "Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sesuai dengan Bineka Tunggal Ika. Hal tersebut diterapkan ditempat tinggal masing-masing agar tidak terjadi perpecahan bangsa," imbuhnya. 

Sementara Ketua Panitia, Muhaiminul Hakim menuturkan, tujuan kegiatan tersebut adalah memperingati Haul Pangeran Diponegoro, ditambah dikomplek sekolah terdapat Langgar Agung Pangeran Diponegoro, pada jaman dulu pernah dipergunakan sebagai tempat ibadah oleh Pangeran Diponegoro. 

"Kalau tanggal Haul Pangeran Diponegoro tanggal 8 Januari wafat Sang Pangeran. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan, dan setiap dua tahun sekali dilaksanakan secara akbar. Sedang yang melaksanakan kegiatan, dari Yayasan bersama dengan MTs, MA, pondok pesantren dan pemerintah Desa Menoreh beserta masyarakat Dusun Kamal dan warga Desa Menoreh," jelas Hakim. 

Hakim menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga digelar lomba rebana/hadrah tingkat SD/MI, yang bertujuan untuk melestarikan kesenian bernuansa Islami.  "Kami memberikan apresiasi kepada sekolah yang terdapat kegiatan ekstrakurikuler rebana. Kegiatan lomba ini sekaligus sebagai ajang kompetisi supaya lebih semangat dalam berlatih," tandas Hakim. (Bag)

BERITA REKOMENDASI