Corona Hentikan Industri Carica

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Wabah Virus Corona (Covid-19) mengguncang sektor home industri (usaha rumahan) pengolahan buah carica yang selama ini menjadi produk unggulan di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Bahkan hampir seluruh usaha pengolahan carica telah berhenti berproduksi dan merumahkan sementara seluruh pekerja atau karyawannya.

Seperti dialami H Muhammad Rosyid, pengusaha home industry carica Diro’S ketika ditemui di rumahnya Kampung Wonobungkah Wonosobo, Sabtu (18/04/2020). Ia mengaku sangat terpukul selama wabah Covid-19, sudah hampir satu bulan, usahanya terpaksa berhenti berproduksi dan merumahkan sementara seluruh karyawannya.

Padahal setiap harinya usahanya mampu memproduksi lebih dari 1,5 ton carica untuk memenuhi permintaan baik ritel, supermarket, maupun di pasaran lokal. Keuntungan bersih per harinya bisa di atas Rp 2 juta. Praktis kondisi ini membuat para pengusaha carica di Wonosobo mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

“Sebenarnya jika hanya kerugian usaha tidak begitu menjadi beban pikiran, toh banyak juga yang mengalami nasib serupa. Tetapi yang terberat justru dampak lain ketika sangat terpaksa harus merumahkan karyawan kami. Jelas itu menjadi beban moral bagi kami. Apalagi situasinya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran seperti saat ini,” tuturnya pelan.

BERITA REKOMENDASI