Cover Candi Borobudur Dibuka, Belum Diizinkan Naik Bangunan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Selama 7 bulan puluhan stupa yang ada di Candi Borobudur diberi tutup atau cover dari bahan terpaulin, yaitu sejak Bulan November 2020 lalu. Dan Kamis (10/6/2021) seluruh cover tersebut sudah dilepas. Proses pelepasan terpaulin, yang selama ini menyelimuti puluhan stupa di Candi Borobudur, jauh lebih cepat dan lebih mudah dibanding saat proses pemasangannya.

“Pelepasan cover sudah dimulai Rabu (9/6/2021). Saat itu ada sekitar 40 stupa sudah dilepas cover terpaulinnya. Kamis (10/6/2021) kegiatan dilanjutkan melepasi cover terpaulin di 30 stupa. Pelepasan dilakukan petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB),” jelas Koordinator Aspek Pemanfaatan Balai Konservasi Borobudur (BKB) Yudi Suhartono SS MA kepada wartawan di Candi Borobudur.

Dikatakannya lagi, ada beberapa pertimbangan yang diperhatikan BKB. Pihak BKB sudah melakukan koordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) berkaitan dengan perkembangan aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini, termasuk arah luncuran guguran awan panas dan kemungkinan kemana arahnya manakala terjadinya hujan abu vulkaniknya. Sedang jarak Gunung Merapi dengan Candi Borobudur sekitar 30 Km.

BERITA REKOMENDASI