Covid-19 Ditemukan di 398 Desa Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Paparan virus Covid-19 terus meluas di Kabupaten Purworejo. Bahkan, terhitung sejak awal pandemi, virus itu ditemukan menginfeksi ribuan warga di 398 desa/kelurahan di wilayah Purworejo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo dr Sudarmi mengatakan, virus itu belum ditemukan menulari warga di 96 desa sisanya. “Purworejo memiliki 494 desa dan kelurahan, dan virus sudah merambah 398 desa/kelurahan, atau sekitar 80 persen di Purworejo,” ungkapnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Minggu (31/1).

Menurutnya, pemerintah terus berupaya menanangani Covid-19 antara lain dengan vaksinasi. Untuk tahap awal, ribuan tenaga medis di Purworejo akan menerima vaksin produk Sinovac. Setelah itu, vaksinasi dilanjutkan kepada petugas pelayanan publik, kemudian masyarakat. “Pandemi baru selesai apabila tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok, dimana minimal 80 persen masyarakat telah memiliki kekebalan itu,” tuturnya.

Guna mencapai kekebalan itu, lanjutnya, diperlukan vaksinasi terhadap minimal 70 persen dari populasi manusia di Indonesia. “Maka kita sekarang gencarkan vaksinasi, untuk menciptakan kekebalan tubuh, diawali para tenaga kesehatan,” katanya.

BERITA REKOMENDASI