Curah Hujan Tinggi, Tembok Pagar Kebun Raya Gunung Tidar Roboh

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Debit air tinggi akibat hujan deras yang mengguyur membuat bangunan pagar tembok Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang bagian utara sisi barat roboh, Jumat (28/1/2022). Saat ini sedang diupayakan langkah perbaikan.

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang Yhan Noercahyo Wibowo SP saat ditemui KRJogja.com di lokasi pagar tembok yang roboh, Jumat, mengatakan Kamis (27/1/2022) sore lalu hujan deras mengguyur wilayah Kota Magelang, termasuk kawasan Kebun Raya Gunung Tidar.
Debit air yang mengalir saat itu sangat banyak.

Lubang sulingan air di bangunan dinding pagar juga berjalan normal. Diduga karena terlalu banyak debitnya, mendadak bangunan tembok pagar tersebut roboh. Sepeda motor, yang saat itu ada di dekatnya, sempat terdampak sedikit.

Dikatakan, bangunan pagar tembok tersebut memang tergolong sudah lama. Panjang sekitar 56 meter dengan tinggi sekitar 2 meter. Yang mengalami roboh, Kamis sore, sekitar 20 meter panjangnya. Meskipun demikian beberapa bagian tembok di samping kanan dan kirinya diperkirakan juga memiliki potensi roboh. “Dugaan sementara, robohnya bangunan tembok pagar tersebut akibat curah hujan yang tinggi,” kata Yhan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI