Dalam Sepekan Pasien Covid di Kebumen Bertambah 20 Orang

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Dalam sepekan sejak 17 Agustus 2020 sampai 24 Agustus 2020, pasien positif Covid-19 di Kebumen bertambah 20 orang, dari 146 orang menjadi 166 orang. Namun, selama sepekan tersebut 10 orang dinyatakan sembuh.

Diantara 20 pasien baru tersebut, 3 orang diantaranya merupakan warga berprofesi guru yang setiap harinya memiliki mobilisasi pulang pergi atau ‘nglaju’ dalam bertugas, dari domisilinya di Kabupaten Kebumen ke tempat mengajarnya di beberapa kabupaten tetangga.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto, ketiga guru ‘nglaju’ tersebut adalah SEW (31), perempuan asal Kecamatan Kutowinangun, TP (32), perempuan asal Kecamatan Ambal dan TAR (55), laki-laki asal Kecamatan Karangsambung. Ketiganya kini isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Berdasarkan riwayat ketiganya, diduga mereka mendapatkan penularan dari rekan sejawat mereka yang merupakan sesama guru ‘nglaju’ asal beberapa kabupaten lain seperti Purworejo dan Banyumas. Jumlah guru ‘nglaju’ asal daerah lain yang sudah diperiksa dan terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berjumlah 36 orang dan sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan daerah masing-masing untuk penanganan lebih lanjut.

Selain para guru ‘nglaju’, para pasien positif Covid-19 baru lainnya memiliki riwayat bepergian ke Jakarta dan Solo, juga ada yang karena kontak erat dengan saudaranya asal Jakarta, Malang dan Purworejo.

Dengan tambahan 20 pasien pasien baru tersebut, diantara 166 pasien positif Covid-19 tersebut hingga Senin (24/08/2020) siang 19 orang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan 145 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI