Dana Desa Untuk Tanggap Covid-19 Sudah Bisa Dicairkan

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT) sudah bisa digunakan sebagai acuan bagi desa untuk menyusun anggaran kebutuhan program Tanggap Covid-19 di desa masing-masing.

” Surat edaran Mendes PDT terkait penggunaan dana desa untuk kebutuhan program Tanggap Covid-19 tersebut sudah cukup sebagai dasar bagi desa untuk mengeksekusi program itu. Surat edaran itu dibuat memang sebagai acuan bagi desa dalam menggunakan dana desa untuk penanganan darurat Covid-19 di desa,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kebumen, Aden Andri Susilo MSi, di ruang kerjanya, Kamis (16/04/2020).

Terkait penanganan darurat Covid-19 di desa Mendes PDT telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 dan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai.

” Batasan dan perkiraan penggunaannya guna anggaran program ini adalah 10 % sampai 15 % untuk dana desa di bawah Rp 800 juta. kemudian, bagi desa yang memperoleh Rp 800 juta sampai Rp 1,5 miliar, besarannya 15 % sampai 20 %,” papar Aden

Adapun desa yang mendapatkan dana desa Rp 1 miliar sampai Rp 1,2 miliar besarannya 20 sampai 25 % dan dana desa Rp 1,2 miliar sampai Rp 2 miliar besarannya 25 % sampai 30 %.

Hingga Kamis (16/04/2020) sejumlah desa di Kebumen sudah mulai menerapkan isi Surat Mendes PDT tersebut. Diantaranya, pembentukan tim Relawan Desa Tanggap Covid-19 dan menugaskan tim tersebut untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa mereka tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

” Kami juga sudah mulai menyusun perencanaan program padat karya tunai diantaranya jenis-jenis bidang yang bisa digarap dengan program ini di desa kami. Sedangkan penggunaan dana desa untuk bantuan langsung tunai acuannya sedang kami
pelajari,” ungkap seorang perangkat desa di Kecamatan/Kabupaten Kebumen yang enggan disebutkan namanya.(Dwi) foto:k relawan (Pelatihan relawan Desa Tanggap Covid-19 oleh BPBD Kebumen – dokumentasi: BPBD Kebumen)

BERITA REKOMENDASI